Takut akan Tuhan adalah Permulaan Pengetahuan

Buang saja...tak perlu sayang

(Rasa sayang yang mengorbankan hasil)


Dalam dunia pertanian, baik secara teoritis maupun dalam prakteknya ada aturan tertulis dan tidak tidak tertulis dalam hal menanam. Aturan tersebut bukan bertujuan untuk menyenangkan si-petani atau orang yang menanam tersebut. Tetapi aturan tersebut bertujuan agar tanaman tersebut dapat tumbuh maksimal dan menghasilkan buah yang banyak. 


Salah satu aturan tersebut adalah aturan mengenai jarak tanam antar tanaman. Tanaman memiliki karakteristik berbeda sehingga setiap tanaman memiliki aturan mengenai jarak tanam yang berbeda juga seperti halnya menanam mangga jarak tanamnya adalah 10m x 10m atau 12m x 12m dan jeruk jarak tanamnya 5m x 4m atau 5m x 6m. Dengan jarak yang ditentukan tersebut maka tanaman akan dapat bertumbuh  dan berbuah yang maksimal. 


Mungkin kita pernah membeli atau menanam bibit pohon dan ternyata bibit tersebut lebih dari yang kita perkirakan dan karena rasa sayang terhadap bibit tanaman yang bagus dan cantik tersebut untuk dibuang akhirnya kitapun mengurangi jarak tanam antar tanaman. Dan apa yang terjadi, tanaman tersebut tidak akan bertumbuh dan berbuah maksimal. 

by tommy simatupang 14042018

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buang saja...tak perlu sayang"

Post a Comment