Takut akan Tuhan adalah Permulaan Pengetahuan

Seperti Tanah Yang Perlu Digemburkan

Tanah yang kita siram pada sekeliling pohon lama-kelamaan akan mulai padat.

Ketika tanah mulai padat, maka sirkulasi oksigen didalam tanah tidak akan berjalan lancar dan akarpun akan mulai kesulitan untuk mendapatkan oksigen. Hal ini akan berdampak pada pertumbuhan tanaman dan buah yang akan dihasilkannya kelak. 

Selain untuk pernapasan, akar tanaman memerlukan oksigen untuk pengambilan hara dan air dari dalam tanah.  


Mengemburkan tanah adalah salah satu cara untuk menyuburkan tanah agar sirkulasi oksigen dalam tanah kembali berjalan lancar. 


Menggemburkan tanah dapat dilakukan dengan cara mendangir. Mendangir adalah menggemburkan tanah yang telah ditanami tanaman. 

Beberapa manfaat pendangiran untuk tanaman :

  1. Pendangiran memperlancar dan menambah asupan nutrisi kepada tanaman.
  2. Pendangiran akan melancarkan penyerapan air kedalam tanah, sehingga tanaman terhindar dari genangar air yang dapat menyebabkan tanaman mati. 
  3. Secara langsung rumput/tanaman pengganggu pada sekitar pohon akan tersingkir dengan dilakukannya pendangiran. 

Demikian juga dengan kita, tanpa kita sadari demi mencapai tujuan kita (meraih kesuksesan) target dan beban telah kita tumpukan pada pikiran kita yang semakin hari semakin bertambah. Hal ini dapat membuat emosi kita meningkat, konsentrasi dan daya pikir kita menjadi menurun.

Pelajaran apakah yang dapat kita petik dari menggemburkan tanah diatas ? 

Dalam kehidupan kita, menggemburkan tanah dengan cara mendangir dapat  dilakukan dengan cara istirahat sejenak (berlibur). Berlibur bersama keluarga ataupun dengan teman. Hal ini akan menyengarkan kembali pikiran kita yang penat dan kacau(mengusir stress).

by. Tommy Simatupang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seperti Tanah Yang Perlu Digemburkan"

Post a Comment