Takut akan Tuhan adalah Permulaan Pengetahuan

Adakah yang menyalakan pelita lalu meletakkannya dibawah tempat tidur ?

Adakah yang menyalakan pelita lalu meletakkannya dibawah tempat tidur ? atau adakah yang menyalakan pelita lalu menyimpannya didalam lemari ?. 

Ketika pertanyaan tersebut diatas ditanyakan pada kita , mungkin kita semua akan menjawab "tidak ada". Kita semua tahu bahwa pelita dinyalakan untuk menerangi kegelapan. Tentunya pelita akan diletakkan diatas kaki dian atau diatas meja atau ditembok agar dapat memberikan cahaya yang lebih luas.

Pertanyaan diatas adalah sebuah perumpaan dalam bentuk pertanyaan, yang patut untuk kita renungkan agar kita tidak berlaku dan bersikap bodoh. Karena bagi siapa saja yang menyalakan pelita lalu meletakkannya dibawah tempat tidur atau yang menyalakan pelita lalu menyimpannya didalam lemari akan dianggap bodoh.

Dalam kehidupan sehari -hari bisa saja kita-lah orang bodoh itu, yang menyalakan pelita lalu meletakkannya dibawah tempat tidur atau yang menyalakan pelita lalu menyimpannya didalam lemari. Hanya saja kita tidak tahu atau tidak menyadari dalam bentuk dan sikap seperti apa kita melakukannya. Seperti pertanyaan pada anak kecil yang ketika kita tanyakan jawaban dari satu tambah dua maka anak kecil itu akan menjawab tiga tetapi ketika kita membalikkan pertanyaan itu menjadi dua tambah satu kemungkinan anak kecil itu akan bingung untuk menjawabnya atau tidak tahu. Demikian juga pertanyaan diatas ketika menjelma dalam kehidupan kita sehari-hari yang memungkinkan kita untuk melakukan tindakan bodoh.  

Pertanyaan diatas mengajak kita untuk intropeksi diri dan tidak perlu kita menjawabnya dengan buru-buru. Karena jawaban yang sesungguhnya adalah tingkah laku kita dalam kehidupan kita sehari-hari.

By: Tommy Simatupang 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Adakah yang menyalakan pelita lalu meletakkannya dibawah tempat tidur ? "

Post a Comment