Takut akan Tuhan adalah Permulaan Pengetahuan

TALENTA SEUMPAMA BIBIT POHON YANG HARUS KITA TANAM, RAWAT DAN PUPUK



Talenta adalah suatu kemampuan atau keahlian yang dimiliki oleh seseorang yang tidak dimiliki atau melebihi/diatas kemampuan atau keahlian orang lain. 
Talenta adalah sebuah anugerah pemberian Tuhan yang dimiliki setiap orang sejak lahirnya.


Talenta bermacam-macam dan tidak terbatas jumlahnya sehingga seseorang dapat memiliki lebih dari satu talenta tergantung bagaimana seseorang itu dapat mencari, menggali dan menemukan talenta yang tersembunyi didalam dirinya itu.


Talenta seumpama bibit pohon yang harus kita tanam, rawat dan pupuk. Jika kita menemukan talenta yang didalam diri kita, maka tanamlah, rawat dan pupuklah talenta itu niscaya talenta itu akan berbuah dan menghasilkan. Jika talenta yang kita temukan itu kita biarkan dan hanya kita simpan saja, maka sia-sialah talenta yang kita miliki itu.



Salah satu kelemahan mereka yang sudah tahu talenta yang dimilikinya adalah menganggap bahwa dengan mengetahui talenta itu saja sudah cukup sehingga tak perlu lagi untuk melatih dan mengembangkannya dan pada akhirnya mereka tidak tahu talentanya itu dimanfaatkan untuk apa. Mereka yang memiliki talenta yang seperti ini diibaratkan seperti sebuah label dan bungkus pada sebuah produk tetapi isinya tidak ada. 


Demikian juga dengan mereka yang tidak tahu kalau mereka itu memiliki talenta. Yang ada dalam pikirannya adalah selalu berandai-andai yang jika seandainya mereka memiliki atau diberikan sebuah talenta dari Tuhan. Mereka yang seperti ini mengira bahwa hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki talenta dan mereka tidak termasuk.


Beberapa peristiwa yang membuat seseorang menemukan talentanya antara lain :

  1. Seseorang baru sadar atau menyadari jika dia memiliki talenta setelah orang lain mengatakan atau memuji keahlian atau kemampuannya;
  2. Seseorang baru menemukan talentanya setelah beberapa kali mengalami kegagalan;
  3. Seseorang menemukan talentanya dari hobby atau kesukaannya.


by: tommy simatupang






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TALENTA SEUMPAMA BIBIT POHON YANG HARUS KITA TANAM, RAWAT DAN PUPUK"

Post a Comment