Takut akan Tuhan adalah Permulaan Pengetahuan

DARI POT KE TANAH (Untuk buah yang lebih banyak)


Pohon Jambu dalam PotTanaman didalam pot semakin lama akan semakin terganggu pertumbuhannya karena keterbatasan ruang akar. 

Dan tidak semua tanaman dapat berbuah di dalam pot. Seandainya ada yang dapat berbuah maka akan rontok seperti durian misalnya. 

Selain itu, tanaman dalam pot juga tidak dapat berbuah dengan maksimal. Hal ini berbeda dengan tanaman buah yang langsung ditanam di tanah. Tanaman dalam sebuah pot (polybag) harus kita pindahkan dan menanamnya langsung ditanah jika kita ingin tanaman tersebut bertumbuh dan berbuah banyak.



Jika kita melihat proses pemindahan tanaman dari dalam pot ke tanah memang sedikit terlihat mudah. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita langsung memindahkannya kedalam tanah. Karena resiko memindahkannya antara kemungkinan hidup dan kemungkinan mati.

Beberapa cara yang salah dalam menanam atau memindahkan tanaman ke tanah, misalnya:
  • langsung mencabut tanaman yang akan dipindah, dengan ceroboh, tanpa membasahi tanah disekitarnya, kemungkinan besar akar tanaman yang dicabut tersebut akan terputus dan tertinggal.
  • Menanam tanaman yang sudah berakar tanpa menggali tanah terlebih dulu,
  • menanam atau memindahkan tanaman ke tanah pada waktu terik matahari.
contoh kesalahan diatas menunjukkan bahwa meskipun memindahkan tanaman dari dalam pot kedalam tanah terlihat mudah namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilaksanakan. Karena apabila hal tersebut tidak dilaksanakan maka kemungkinan tanaman tersebut akan mati. 

Sebagaimana halnya memindahkan tanaman dalam pot kedalam tanah, demikian juga halnya dengan kita. Ide-ide brilian (cemerlang) yang kita miliki (yang ada dalam pikiran kita) akan berkembang dan menghasilkan jika ide-ide brilian tersebut kita implementasikan/lakukan (pindahkan). Namun jika tidak, maka ide-ide brilian (cemerlang) tersebut hanya sebatas perencanaan yang sama sekali tidak akan menghasilkan dan tak ada ubahnya seperti tanaman yang didalam pot yang berbunga namun rontok.

Pot adalah tempat terbaik dalam menanam bibit sebelum dipindahkan kedalam tanah seperti halnya pikiran sebagai tempat lahirnya ide-ide sebelum dilaksanakan. 

belajar memindahkan tanaman dari dalam pot ke dalam tanah demikian juga kita belajar memindahkan ide-ide cemerlang kita kedalam kenyataan.

by :tommy simatupang 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DARI POT KE TANAH (Untuk buah yang lebih banyak)"

Post a Comment