Takut akan Tuhan adalah Permulaan Pengetahuan

KISAH SUKSES WARALABA KFC

Siapa yang tidak kenal dengan Kentucky Fried Chicken (KFC). Usaha waralaba ayam crispy yang tersebar luas seantero dunia. Dengan logo orang tua berjenggot sedang, KFC ini dulunya hanya warung tempel di sebuah bengkel. Namun berkat kerja keras dan kegigihan Kolonel Sanders, pemilik sekaligus ikon KFC, sukses menjadikan usaha ayam gorengnya terkenal seperti sekarang.


Harland Sanders adalah anak tertua dari 3 bersaudara, lahir pada tanggal 9 September 1890, di Indiana AS.Pada Usia 15 tahun dia mendaftarkan diri menjadi bagian Angkatan Darat AS. Hanya bertahan sekitar 6 bulan hingga akhirnya diberhentikan dengan hormat.

Selepas itu dia banyak berganti profesi, seperti nahkoda kapal uap, asuransi, pemadam kebakaran,petani dan operator bengkel.

Pada tahun 1930, dia membuka bengkel (semacam POM bensin) di Corbin, Kentucky, AS. Dia juga menyajikan berbagai masakan buat pelanggan yang sedang menunggu disana. Tak diduga ternyata sambutan pelanggan bengkel luar biasa pada masakan Pak Sanders.  Padahal dulu.. resep dan keahlian memasaknya pernah diajukan ke lebih 1000 restoran dan ditolak.

Tahun berikutnya, Pak Sanders meluaskan lokasi restoran dengan 145 kursi. Dan melengkapinya dengan sebuah motel. Selanjutnya restoran tersebut diberi nama "The Sanders Court & Cafe".

Sejak tahun 1950, Pak Sander mulai tampil khas, berdasi 'tali pita' dan berjas putih yang menyesuaikan dengan jenggot dan kumisnya yang juga berwarna sama.

Tahun 1952, dia mulai me-waralaba-kan bisnis makanan ini. Penjualan makin meningkat terutama pada Ayam Goreng Crispy, Pak Sanders dan Rekan akhirnya memutuskan memberi nama dan logo sendiri untuk Ayam Goreng Crispy ini dengan nama Kentucky Fried Chicken.

Julukan Kolonel sendiri, berawal dari penghargaan yang diberikan Ruby Laffoon, Gubernur Kentucky. Sebuah gelar kehormatan "Kentucky Colonel". Teman dan rekan kerja Pak Sanders juga menjadikan Kolonel sebagai nama panggilan Pak Sanders.

Hingga tahun 2012 kemarin lebih dari 18.000 outlet di 120 negara berhasil didirikan.

Kini, sosok Kolonel Sanders sudah menjadi simbol dari semangat sukses kewirausahaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KISAH SUKSES WARALABA KFC"

Post a Comment