Takut akan Tuhan adalah Permulaan Pengetahuan

Apa yang akan dituai, jika ditanam saja tidak

Ketika seorang petani setiap hari menghabiskan waktunya untuk melihat dan menunggui ladangnya dan berharap ia akan segera panen padahal tak satu pohon pun telah ia tanam, mungkin kita akan berpikir bahwa petani ini adalah orang yang paling bodoh di dunia dan siapapun mungkin akan mengatakan demikian (bodoh).

Dalam kehidupan nyata mungkin kita adalah cerminan petani diatas, yang mengharapkan keberhasilan dan kesuksesan hanya berbicara sukses atau dan mengharapkannya menjadi sukses tanpa melakukan sesuatu apapun

Seperti seorang petani yang telah membiarkan ladangnya kosong dan ditumbuhi oleh tanaman liar demikian juga kita yang membiarkan hari-hari kita dengan semangat tanpa melakukan sesuatu apapun dan akhirnya hari-hari kita dipenuhi oleh harapan-harapan kosong.


Kita membuang setiap kesempatan dan membiarkannya berlalu begitu saja seperti petani yang melewatkan musim hujan untuk musim tanam. 
  
Tentu kita tidak ingin seperti petani diatas yang menghabiskan waktunya untuk melihat dan menunggui ladangnya dan berharap akan segera panen padahal tak satu pohon pun telah ia tanam.

Jika kita tidak ingin seperti petani bodoh diatas yang menantikan musim panen untuk apa yang dia tidak tanam maka sekarang lihatlah apa yang sudah kita kerjakan untuk dapat kita petik dimasa yang akan datang. Jika kita belum melakukan sesuatu apapun maka lakukanlah sebelum musim tanam berlalu. 

Apa yang akan dituai, jika ditanam saja tidak ? Mungkin inilah ungkapan bagi mereka yang tidak pernah menanam tetapi menunggu waktu untuk memanennya. 

by. tommy simatupang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa yang akan dituai, jika ditanam saja tidak"

Post a Comment