Takut akan Tuhan adalah Permulaan Pengetahuan

TANAMAN YANG TERABAIKAN




Pernahkah kita melihat tanaman yang tidak terawat ? Sebagian dari kita pasti pernah melihatnya. Apakah itu tanaman milik orang lain atau bahkan tanaman milik kita sendiri.

Tanaman yang terabaikan adalah tanaman tidak pernah diperhatikan dan seolah-olah tidak pernah ada. Meskipun pada waktu penanamannya telah banyak menghabiskan tenaga, biaya, waktu dan pikiran dengan harapan bahwa apa yang kita tanam ini akan tumbuh dan berbuah banyak kelak.

Kecenderungan terabaikannya tanaman ini adalah karena kemalasan, tidak komitmen dan tingkat disiplin kita yang rendah. Kemalasan adalah akar utama yang membuat kita mengabaikan apa yang telah kita tanam. Kemalasan ini pula yang menjauhkan kita dari tujuan awal kita yaitu bertumbuh dan berbuah. Karena kemalasan, akhirnya kita memberikan kesempatan kepada tanaman-tanaman pengganggu (gulma) untuk tumbuh disekitarnya dan berbagi atau saling merampas makanan dengan tanaman kita.

Akhirnya kita melihat bahwa tanaman kita telah ditumbuhi oleh tanaman-tanaman pengganggu disekitarnya dan bahkan tanaman pengganggu itu lebih subur dan lebih tinggi dari pada tanaman kita sehingga semakin menambah alasan kemalasan kita untuk membersihkannya dan memupuknya.

Seperti tanaman yang terabaikan, demikian halnya dengan usaha yang telah kita bangun dan tidak pernah kita perhatikan. Kita hanya bisa membangun dan membiarkannya begitu saja tanpa pernah kita kembangkan.

Sebagaimana membersihkan tanaman kita dari tanaman-tanaman pengganggu demikian juga kita membersihkan pikiran dari kemalasan. Karena kemalasan membuat apa yang kita rencanakan dan bangun menjadi sia-sia.

Kemalasan membuat disiplin kita rendah dan menjadikan kita tidak lagi komitmen.


by. tommy simatupang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TANAMAN YANG TERABAIKAN"

Post a Comment