Takut akan Tuhan adalah Permulaan Pengetahuan

Menjalah-lah Ditempat Yang Lebih Dalam

Mencari ikan bukanlah sesuatu yang mudah bagi mereka yang tidak tahu tetapi bagi seorang nelayan tidaklah demikian. 

Beberapa hal yang perlu kita pelajari dari nelayan adalah :

  1. Seorang Nelayan tahu dimana ikan-ikan dengan mudah akan ditemukan
  2. Seorang nelayan tahu bahwa ikan yang besar ada ditempat yang lebih dalam (tengah laut). 
  3. Seorang nelayan tidak akan menjala ditempat yang dangkal dengan harapan akan mendapat ikan paus. 
  4. Seorang nelayan yang tidak pernah mau dan berani untuk menjala ditempat yang dalam (tengah laut) tidak akan pernah berkesempatan untuk mendapakan ikan paus.


Demikian juga dengan kita, bukanlah hal yang mudah bagi kita dalam menemukan keberhasilan jika kita tidak tahu dimana keberhasilan itu akan kita temukan. Terkadang kita mengharapkan sesuatu yang luar biasa dengan hanya melakukan yang biasa-biasa saja.

Ketika seorang nelayan memutuskan untuk menangkap ikan yang besar tentu ia akan menjalan ditempat yang dalam (ketengah laut). Dan tentu juga nelayan tersebut akan mempersiapkan diri dan perlengkapan yang akan dibawanya ketengah laut. 

Seorang nelayan telah mempersiapkan diri untuk menghadapi ombak yang lebih besar karena dia tahu bahwa ombak akan lebih besar dibanding dengan menjala dipinggir pantai. 


Seperti seorang nelayan, ketika kita memutuskan untuk hidup sukses dan luar biasa, maka menjala ditempat yang dalam (tengah laut) adalah pilihannya. Seringkali kita melupakan ombak dan angin yang merupakan bagian dari laut dalam. Semakin kita ketengah dan lebih dalam semakin besar pula ombak dan semakin kencang pula angin yang akan kita hadapi



Dan mungkin kita seringkali gagal dan bahkan menyerah ketika kita melihat ombak yang besar (tantangan yang besar) karena kita tidak pernah mempersiapkan diri kita untuk menghadapinya seperti seorang nelayan yang telah mempersiapkan diri menghadapi ombak besar. 

Terkadang kita hanya membayangkan ikan yang besar (kesuksesan yang besar) dan tidak pernah membayangkan ombak dan angin kencang (masalah/tantangan) yang akan kita hadapi, sehingga kita tidak pernah mempersiapkan diri kita untuk menghadapi ombak dan angin. Akhirnya kita terkejut ketika ombak dan angin menerpa dan barulah kita menyadarinya, sehingga kita menjadi takut dan menyerah. 

Ombak dan angin tidak akan pernah berhenti mengguncang kita  sehingga kemauan saja tidak cukup tetapi juga diperlukan keberanian dan ketekunan.

Ketika kita ingin menjadi penangkap ikan yang besar, kita juga harus bisa menaklukkan ombak yang besar dan angin yang kencang.

Mempersiapkan diri untuk suatu keberhasilan yang besar dan juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi suatu tantangan yang lebih besar pula.

Kesuksesan bagi mereka yang berani mengambil resiko dan berusaha lebih dimungkinkan dari pada mereka yang hanya menantikan kesuksesan tanpa berusaha

by. tommy simatupang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menjalah-lah Ditempat Yang Lebih Dalam"

Post a Comment